ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

 

 

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Administrasi Pendidikan

Disusun Oleh :

Ipan Sunarya (1110015000019)

Aldian Kurnia Putra (1110015000031)

Ardi Wahyudi (1110015000048)

Afin Rizal Fahlevi (110015000126)


  JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2012

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puja puji syukur kejadirat Allah SWT atas kehendak-Nya sehingga dapat terselesaikan makalalah ini dengan baik. Shalawat serta salam kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan kita.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Suhardjo selaku dosen pengampu. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan pihak-pihak yang terakait dalam penyelesaian makalah ini. Makalah ini dibuat bertujuan sebagai salah satu tugas kelompok mata kuliah Geografi Asia Negara.

Kami berharap makalah ini dapat berguna dan bermanfaat baik sebagai sumber pengetahuan. Kritik dan saran kami sangat membutuhkan guna dapat memperbaiki segala kesalahan dan demi pengembangan makalah-makalah selanjutnya. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jakarta, 17 April 2012

Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………………2

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………………………3

Bab I Pendahuluan………………………………………………………………………………………………………4

Bab II Pembahasan

2.1. Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan………………………………5

2.2. Manfaat Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan………………………………….5

2.3. Macam-macam Sarana dan Prasarana Pendidikan…………………………………………..5

2.4. Manajemen Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan…………………………….7

Bab III Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………..9

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………………………..10

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 latar belakang

Dunia pendidikan merupakan dunia dimana terdapat kegiatan pembelajaran antara guru dan murid, kedua komponen ini tidak dapat dihilangkan dalam sebuah proses pendidikan karena apabila hilang salah satu maka tidak akan pernah tercapai tujuan pembelajaran. Namun, di sisi lain ada komponen yang juga sangat berperan sebagai penunjang kegitan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Komponen yang tidak kalah penting adalah sarana dan prasarana.

Administrasi sarana sering disebut dengan administrasi materiil atau administrasi peralatan, yaitu segenap proses penataan yang bersangkut paut dengan pengadaan, pendayagunaan dan pengelolaan sarana pendidikan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Terbatasnya pengetahuan dari personal tata usaha sekolah akan administrasi sarana dan prasarana pendidikan, serta kurangnya minat dari mereka untuk mengetahui dan memahaminya dengan sungguh sungguh, maka dari itu kami menyusun makalah ini.

1.2 rumusan masalah

-          Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

-          Manfaat Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

-          Macam-macam Sarana dan Prasarana Pendidikan

-          Manajemen Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

Secara etimologis (bahasa) prasarana berarti alat tidak langsung untukmencapai tujuan dalam pendidikan. misalnya: lokasi/tempat, bangunan sekolah,lapangan olahraga, uang dsb.Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan.misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dsb.

Dengan demikian dapat di tarik suatau kesimpulan bahwa administrasisarana dan prasarana pendidikan itu adalah semua komponen yang sacaralangsung maupun tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan untukmencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri. Administrasi sarana dan prasarana sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran di sekolaah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sebuah sekolah baik tujuan secara khusus maupun tujuan secara umum.

Dengan demikian adminitrasi sarana dan prasarana itu merupakan usaha untuk mengupayakan sarana dan alat peraga yang di butuhkan pada proses pembelajaran demi lancarnya dan tercapainya tujuan pendidikan .

2.2. Fungsi Administrasi Sarana dan Prasarana Sekolah

Selain memberi makna penting bagi terciptanya dan terpeliharanya kondisisekolah yang optimal administrasi sarana dan prasarana sekolah juga berfungsisebagai:

a)      Memberi dan melengkapi fasilitas untuk segala kebutuhan yang di perlukan dalam proses belajar mengajar.

b)      Memelihara agar tugas-tugas murid yang di berikan oleh guru dapat terlaksana dengan lancar dan optimal.

2.3. Macam – Macam Sarana dan Prasarana

Adapun macam-macam sarana dan prasarana yang di perlukan di sekolah demikelancaran dan keberhasilan kegiatan proses pendidikan sekolah antara lain:

a)      Lahan

Lahan yang di perlukan untuk mendirikan sekolah harus disertai dengan tanda bukti kepemilikan yang sah dan lengkap (sertifikat), adapun jenis lahan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria antara lain :

-          Lahan terbangun adalah lahan yang diatasnya berisi bangunan.

-          Lahan terbuka adalah lahan yang belum ada bangunan diatasnya.

-          Lahan kegiatan praktek adalah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaan kegiatan praktek.

-          Lahan pengembangan adalah lahan yang di butuhkan untuk pengembangan bangunan dan kegiatan praktek.

b)      Ruang

Secara umum jenis ruang di tinjau dari fungsinya dapat di kelompokkan dalam :

-          Ruang pendidikan

Ruang pendidikan berfungsi untuk menampung proses kegiatan belajar mengajar teori dan praktek antara lain : ruang perpustakaaan, ruang laboratorium, ruang kesenian, ruang olah raga, dan ruang keterampilan.

-          Ruang administrasi

Ruang administrasi berfungsi untuk melaksanakan berbagai kegiatan kantor. Ruang administrasi terdiri dari : ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, ruang guru, dan gudang.

-          Ruang penunjang

Ruang penunjang berfungsi untuk menunjang kegiatan yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar antara lain : ruang ibadah, ruang serbaguna, ruang koperasi sekolah, ruang UKS, ruang OSIS, ruang WC / kamar mandi, dan ruang BP.

c)      Perabot

Jenis perabot sekolah di kelompokkan menjadi 3 macam :

-          Perabot pendidikan adalah semua jenis mebel yang di gunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar.

-          Perabot administrasi adalah perabot yang di gunakan untuk mendukung kegiatan kantor.

-          Perabot penunjang perabot yang di gunakan atau di butuhkan dalam ruang penunjang. Seperti perabot perpustakaan, perabot UKS, perabot OSIS.

d)     Alat dan Media Pendidikan

Setiap mata pelajaran sekurang – kurangnya memiliki satu jenis alat peraga praktek yang sesuai dengan keperluan pendidikan dan pembelajaran, sehingga dengan demikian proses pembelajaran tersebut akan berjalan dengan optimal.

e)      Buku atau Bahan Ajar

Bahan ajar adalah sekumpulan bahan pelajaran yang di gunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

2.4. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Pada garis besarnya, manajemen sarana dan prasarana meliputi 5 hal, yaitu :

a)      Penentuan Kebutuhan

Sebelum mengadakan alat-alat tertentu atau fasilitas yang lain lebih dahulu harus melalui prosedur penelitian yaitu melihat kembali kekayaan yang telah ada. Dengan demikian baru bisa ditentukan sarana apa yang diperlukan berdasarkan kepentingan pendidikan di sekolah itu.

b)      Proses Pengadaan

Pengadaan adalah kegiatan untuk menghadirkan prasarana dan sarana pendidikan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas-tugas sekolah. Pengadaan prasarana dan sarana pendidikan dapat dilaksanakan dengan cara : pembelian, buatan sendiri, penerimaan hibah atau bantuan, penyewaan, peminjaman, dan pendaurulangan.

Pengadaan prasarana dan sarana pendidikan di suatu lembaga pendidikan atau sekolah dapat dilakukan dengan dana rutin, dana dari masyarakat atau dana bantuan dari pemerintah daerah atau anggota masyarakat lainnya.

c)      Pemakaian

Dari segi pemakaian (penggunaan) terutama sarana alat perlengkapan dapat dibedakan atas :

- Barang habis dipakai.

- Barang tidak habis dipakai.

Penggunaan barang habis dipakai harus secara maksimal dan dipertanggung jawabkan pada tiap triwulan sekali. Sedangkan penggunaan barang tetap dipertanggung jawabkan satu tahun sekali, maka perlu pemeliharaan dan barang-barang itu disebut barang inventaris.

d)     Pemeliharaan

Pemeliharaan dilakukan secara continue terhadap semua barang-barang inventaris yang kadang-kadang dianggap sebagai suatu hal yang sepele, padahal pemeliharaan ini merupakan suatu tahap kerja yang tidak kalah pentingnya dengan tahap-tahap yang lain dalam administrasi sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang sudah dibeli dengan harga mahal apabila tidak dipelihara maka tidak dapat dipergunakan.

Pelaksanaan pemeliharaan barang inventaris meliputi:

-          Perawatan.

-          Pencegahan kerusakan.

-          Penggantian ringan.

e)      Pengurusan dan Pencatatan

Untuk keperluan pengurusan dan pencatatan ini disediakan instrumen administrasi berupa inventarisasi.

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

administrasisarana dan prasarana pendidikan itu adalah semua komponen yang sacaralangsung maupun tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan untukmencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri. Administrasi sarana dan prasarana sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran di sekolaah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sebuah sekolah baik tujuan secara khusus maupun tujuan secara umum.

Adapun macam-macam sarana dan prasarana yang di perlukan di sekolah demikelancaran dan keberhasilan kegiatan proses pendidikan sekolah antara lain:

-          Lahan

-          Ruang

-          Perabot

-          Alat dan Media Pendidikan

-          Buku atau Bahan Ajar

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s